10 foto Galaksi terindah di Jagad raya


1. Galaxy Sombrero (juga dikenal sebagai M 104 atau NGC 4594) adalah sebuah galaksi spiral unbarred di konstelasi Virgo. Memiliki inti cerah, sebuah tonjolan pusat luar biasa besar, dan jalur debu terkemuka di disk cenderung nya. Jalur debu gelap dan tonjolan galaksi ini memberikan tampilan sebuah sombrero. Galaksi memiliki magnitudo 9,0, sehingga mudah terlihat dengan teleskop amatir. Tonjolan besar, lubang hitam supermasif pusat, dan jalur debu semua menarik perhatian para astronom profesional.



2. Planetary nebula Ant (Menzel 3 atau Mz 3). STScI-PRC2001-05

Ini NASA / ESA Hubble Space Telescope image mengungkapkan tubuh semut sebagai sepasang lobus berapi menonjol dari bintang, sekarat serupa Matahari. Meskipun mendekati ledakan kekerasan, pengusiran gas dari bintang mati di pusat Mz3 memiliki pola simetris menarik tidak seperti pola semrawut yang diharapkan dari sebuah ledakan biasa. Para ilmuwan menggunakan teleskop ruang angkasa Hubble ingin mengerti bagaimana bintang yang berbentuk bola bisa menghasilkan seperti menonjol, simetri non-bola dalam gas yang menyemburkan.




3. Eskimo Nebula (NGC 2392), juga dikenal sebagai Nebula Clownface atau Caldwell 39, adalah planetary nebula bipolar double-shell (PN). Hal ini ditemukan oleh astronom William Herschel pada tahun 1787. Pembentukan menyerupai kepala seseorang dikelilingi oleh tudung parka. Hal ini dikelilingi oleh gas yang terdiri lapisan luar bintang serupa Matahari. Filamen batin yang tampak adalah dikeluarkan oleh angin yang kuat partikel dari bintang pusat. Disk luar biasa berisi filamen tahun cahaya oranye panjang.
NGC 2392 terletak lebih dari 2.870 tahun cahaya dan terlihat dengan teleskop kecil di konstelasi Gemini.


4. Cat's Eye Nebula (NGC 6543, Caldwell 6) adalah sebuah nebula planet di konstelasi Draco. Secara struktural, itu adalah salah satu nebula yang paling rumit yang dikenal, dengan resolusi tinggi Space Hubble Telescope pengamatan mengungkapkan struktur yang luar biasa seperti knot, jet, gelembung dan fitur busur-seperti berotot. Di tengah-tengah Cat's Eye ada bintang terang dan panas, dimana sekitar 1000 tahun yang lalu kehilangan amplop luar yang menghasilkan nebula.
Hal ini ditemukan oleh William Herschel pada 15 Februari 1786, dan merupakan planetary nebula spektrum pertama yang diselidiki oleh astronom amatir Inggris William Huggins pada tahun 1864. Hasil pemeriksaan terakhir menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa nebula planet terdiri dari gas panas, tapi tidak bintang. Saat nebula telah diamati di seluruh spektrum elektromagnetik penuh, dari jauh-inframerah untuk sinar-X.
Penelitian modern mengungkapkan beberapa misteri. Kerumitan struktur dapat disebabkan sebagian oleh bahan dikeluarkan dari pusat bintang biner, tapi belum, tidak ada bukti langsung bahwa bintang pusat memiliki pendamping. Juga, pengukuran kelimpahan kimia mengungkapkan perbedaan besar antara pengukuran dilakukan dengan dua metode yang berbeda, penyebab yang pasti. Teleskop Hubble pengamatan mengungkapkan sejumlah cincin redup di sekitar mata, yang dikeluarkan kerang bola oleh bintang pusat di masa lalu. Mekanisme pasti dari mereka ejections, bagaimanapun, adalah jelas.


5. The Engraved Hourglass Nebula (juga dikenal sebagai MyCn 18) adalah nebula planet muda terletak di konstelasi Musca selatan sekitar 8.000 tahun cahaya dari Bumi. Hal ini ditemukan oleh Annie Jump Cannon dan Margaret W. Mayall selama bekerja mereka pada Henry Draper diperpanjang Katalog (katalog dibangun antara 1918 dan 1924). Pada saat itu, itu ditetapkan hanya sebagai sebuah nebula planet kecil pingsan. Banyak perbaikan teleskop dan teknik pencitraan memungkinkan jam pasir bentuk nebula untuk ditemukan oleh Raghvendra Sahai dan John Trauger dari Jet Propulsion Laboratory pada tanggal 18 Januari 1996. Hal ini menduga bahwa bentuk jam pasir MyCn 18 adalah dihasilkan oleh ekspansi angin bintang yang cepat dalam awan perlahan-lahan berkembang yang padat dekat khatulistiwa daripada tiang tumpuan.
Hourglass Nebula difoto oleh Lapangan Wide dan Planetary Camera 2 dari Hubble Space Telescope.


6. Nebula Cone H II adalah wilayah di konstelasi Monoceros. Hal ini ditemukan oleh William Herschel pada tanggal 26 Desember 1785, pada saat ia ditunjuk itu H V.27. Nebula ini terletak sekitar 800 parsec atau 2.600 tahun cahaya dari Bumi. The Cone Nebula merupakan bagian dari sifat samar-samar di sekitar Pohon Natal Cluster. Penunjukan NGC 2264 di New Catalogue Umum mengacu pada kedua objek dan bukan nebula sendirian.
The Cone Nebula berdifusi, dinamakan demikian karena bentuknya yang tampak jelas, terletak di bagian selatan NGC 2264, bagian utara yang besarnya-3.9 Pohon Natal Cluster. Hal ini di bagian utara Monoceros, sebelah utara dari titik tengah garis dari Procyon ke Betelgeuse.
Bentuknya kerucut berasal dari penyerapan nebula gelap yang terdiri dari molekul hidrogen dingin dan debu di depan hidrogen nebula emisi samar mengandung terionisasi oleh S Monocerotis, bintang terang dari NGC 2264. Nebula samar-samar adalah sekitar tujuh cahaya-tahun yang panjang (dengan panjang tampak dari 10 arcminutes), dan 2.700 tahun cahaya dari Bumi.
Nebula ini merupakan bagian dari pembentuk bintang jauh lebih besar kompleks-Space Hubble Telescope digunakan untuk menangkap gambar bintang terbentuk pada tahun 1997.
Nebula ini kadang-kadang disebut sebagai Yesus Kristus Nebula karena kemiripannya dengan Yesus dengan tangan dalam posisi doa.


7. Perfect Strom
sebuah wilayah kecil Swan Nebula Yang berjarak 5.500 tahun cahaya, disebut dengan nama laut bergelembung hidrogen dan sejumlah kecil oksigen, belerang dan 'unsur-unsur lainnya.


8. Starry Night
Dinamai Starry Night karena mengigatkan para astronom dengan lukisan Van Gogh yang memiliki cahaya di sekitar bintang-bintang di bima sakti


9. The glowering eyes berjarak 114 juta tahun cahaya dan merupakan gabungan dari dua galaxy yang bernama NGC 2207 dan IC 2163


10. Nebula Trifid (katalog sebagai Messier 20 atau M20 dan sebagai NGC 6514) adalah daerah H II terletak di Sagitarius. Namanya berarti 'dibagi menjadi tiga lobus'. Tujuannya adalah kombinasi yang tidak biasa dari cluster terbuka bintang-bintang, sebuah nebula emisi (bagian, bawah merah), sebuah nebula refleksi (bagian, atas biru) dan nebula gelap (yang jelas 'celah' dalam nebula emisi yang menyebabkan penampilan trifid; ini juga ditunjuk Barnard 85). Dilihat melalui teleskop kecil, Nebula Trifid adalah objek cerah dan berwarna-warni, dan dengan demikian menjadi favorit abadi dari astronom amatir.

SEKITAR KITA Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger