Khasiat Luar Biasa Dari Jamu Gendong


Quote:

Jamu gendong adalah fenomena yang sangat terkenal di Indonesia. Tetapi, dokumen tertulis tentangnya sangat jarang. Resep jamu gendong umumnya ada 8 macam, yaitu Beras Kencur, Kunyit Asem, Sinom, Cabe Puyang, Pahitan, Kunci Suruh, Kudu Laos, dan Uyup-uyup.



Ada dua cara dalam membuat jamu gendong;
Pertama, dengan merebus semua bahan.
Kedua, dengan memeras sari yang ada kemudian mencampurnya dengan air matang.
Khasiat, Bahan Baku, dan cara Pengolahan

Quote:
1. Jamu Beras Kencur


Spoiler for khasiat:

Spoiler for Bahan Baku:

Terdapat dua bahan dasar pokok yang selalu dipakai, yaitu beras dan kencur. Bahan-bahan lain adalah biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulogo, buah asam, kunci, kayu keningar, kunir, jeruk nipis, dan buah pala. Sebagai pemanis digunakan gula merah dicampur gula putih.

Spoiler for cara pengolahan:
Mula-mula beras disangan, selanjutnya ditumbuk sampai halus. Bahan-bahan lain ditumbuk menggunakan lumpang dan alu besi atau batu. Kedua bahan ini kemudian dicampur, diperas, dan disaring dengan saringan atau diperas melalui kain pembungkus bahan. Sari perasan bahan dicampurkan ke dalam air matang yang sudah tersedia, diaduk rata.

Quote:
2. Jamu Kunir Asam


Spoiler for khasiat:

Spoiler for Bahan Baku:


Jamu dibuat dengan bahan utama buah asam ditambah kunir/kunyit, namun beberapa pembuatnya ada yang mencampur dengan sinom (daun asam muda), temulawak, biji kedawung, dan air perasan buah jeruk nipis. Sebagai pemanis digunakan gula merah dicampur gula putih.

Spoiler for cara pengolahan:
komposisi racikan ditumbuk secara kasar menggunakan lumpang dan alu besi atau batu atau diiris tipis-tipis (kunyit), dimasukkan ke dalam air mendidih dan direbus sampai mendidih beberapa saat. Selanjutnya, ditambahkan gula (atau pemanis buatan) sampai diperoleh rasa manis sesuai selera (dicicipi). Rebusan yang diperoleh dibiarkan sampai agak dingin, kemudian disaring menggunakan saringan.

Quote:
3. Jamu Sinom


Spoiler for khasiat:

Spoiler for Bahan Baku cara pengolahan:
Bahan penyusun serta cara pembuatan jamu sinom tidak banyak berbeda dengan jamu kunir asam. Perbedaan hanya terletak pada tambahan bahan sinom.



pohon sinom atau dlm bhs biologisx adlh Tamarind seedling
Quote:
4. Jamu Cabe Puyang


Spoiler for khasiat:

Spoiler for Bahan Baku:

Bahan dasar jamu cabe puyang adalah cabe jamu dan puyang. Tambahan bahan baku lain dalam jamu cabe puyang sangat bervariasi, baik jenis maupun jumlahnya. Bahan lain yang ditambahkan antara lain temu ireng, temulawak, jahe, kudu, adas, pulosari, kunir, merica, kedawung, keningar, buah asam, dan kunci. Sebagai pemanis digunakan gula merah dicampur gula putih dan kadangkala mereka juga mencampurkan gula buatan serta dibubuhkan sedikit garam.

Spoiler for cara pengolahan:
pertama-tama air direbus sampai mendidih dan dibiarkan sehingga dingin, jumlahnya sesuai dengan kebutuhan. Bahan-bahan sesuai dengan komposisi racikan ditumbuk menggunakan lumpang dan alu besi atau batu. Seluruh bahan ini kemudian diperas melalui saringan ke dalam air matang yang sudah tersedia.
Quote:
5. Jamu Pahitan


Spoiler for khasiat:

Spoiler for Bahan Baku:

Bahan baku dasar dari jamu pahitan adalah sambiloto. Racikan pahitan sangat bervariasi, ada yang hanya terdiri dari sambiloto, tetapi ada pula yang menambahkan bahan-bahan lain yang rasanya juga pahit seperti brotowali, widoro laut, doro putih, dan babakan pule. Ada pula yang mencampurkan bahan lain seperti adas dan atau empon-empon (bahan rimpang yang dipergunakan dalam bumbu masakan).

Spoiler for cara pengolahan:
Rebus semua bahan ke dalam air sampai air rebusan menjadi tersisa sekitar separuhnya.
Quote:
6. Jamu Kunci Suruh


Spoiler for khasiat:

Spoiler for Bahan Baku:
Bahan baku jamu ini sesuai dengan namanya, yaitu rimpang kunci dan daun sirih. Biasanya selalu ditambahkan buah asam yang masak. Dalam ramuan jamu keputihan atau jamu sari rapat biasanya ditambahkan bahan seperti buah delima, buah pinang, kunci pepet, majakan, jambe, manis jangan, kayu legi, beluntas, dan kencur. Sebagai pemanis digunakan gula pasir, gula merah, dan dibubuhkan sedikit garam.

Spoiler for cara pengolahan:
Bahan-bahan sesuai dengan komposisi racikan ditumbuk secara kasar menggunakan lumpang dan alu besi atau batu atau diiris tipis-tipis, diperas, disaring, dan dimasukkan ke dalam air matang yang sudah didinginkan. Selanjutnya, ditambahkan gula sesuai kebutuhan.
Quote:
7. Jamu Kudu Laos


Spoiler for khasiat:

Spoiler for Bahan Baku:
Buah mengkudu masak ditambah rimpang laos dan biasanya ditambahkan buah asam masak (asam kawak). Sedangkan bahan tambahan lain adalah merica, bawang putih, kedawung, jeruk nipis, bahkan ada yang menambahkan tape singkong. Sebagai pemanis digunakan gula merah dan gula putih, ditambahkan sedikit garam.

Spoiler for cara pengolahan:
pertama-tama air direbus sampai mendidih. Bahan-bahan sesuai dengan komposisi racikan ditumbuk secara kasar menggunakan lumpang dan alu besi atau batu kemudian diperas dan disaring dimasukkan ke dalam air matang yang sudah dingin. Selanjutnya ditambahkan gula sampai diperoleh rasa manis sesuai selera.

Quote:
8. Jamu Uyup-uyup/Gepyokan


Spoiler for khasiat:

Spoiler for Bahan Baku:
kencur, jahe, bangle, laos, kunir, temulawak, puyang, dan temugiring.

Spoiler for cara pengolahan:
semua bahan dicuci bersih tanpa dikupas, selanjutnya empon-empon dirajang (diiris tipis) ditambah bahan-bahan lain dan ditumbuk kasar, lalu diperas serta disaring. Perasan dimasukkan ke dalam air matang yang sudah dingin. Selanjutnya ditambahkan gula (atau pemanis buatan) sampai diperoleh rasa manis sesuai selera.

SEKITAR KITA Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger